Sabtu, 19 Januari 2013

Renungan malam

S2 itu kata kuncinya. semenjak bulan September lalu saya memulai perjalanan berjihad menuntut ilmu di UNJ jurusan PEP. saya tergabung dalam mahasiswa kepengawasn dari Dikmen. tak pernah terbayangkan sebelumnya akan menjalani hidup seperti sekarang ini. syukur pada Allah swt karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menimbah ilmu sebanyak-banyaknya di sini.


betapa kurasakan bahwa ilmu itu sangat penting. betapa kurangnya ilmu yang aku punya selama ini. ketertinggalan pendidikan di daerah sangat nyata terasa. kami yang berada di sudut kota di bagian Indonesia bagian barat, tepatnya Bengkulu. di Bengkulu pendidikan masih tahap pembangunan, untuk sarana yang sudah memadai hanya sekolah di kota-kota saja, itupun seagian kecil saja, dan sisanya masih terbelakang. betapa merugikannya keadaan ini.

seperti saya, seharusnya di usia sudah 34 tahun sudah banyak bekal yang diperoleh untuk menapaki setiap liku kehidupan. namun, kenyataannya tidak demikian. terasa betul ketika sekarang ini membutuhkan jembatan-jembatan mielin yang kuat dan tebal di jaringan syaraf otak agar tidak tertinggal jauh dengan teman-teman. semula saya merasa belum mampu mengikuti cepatnya pemahaman teman-teman akan materi-materi kuliah yang diberikan.  tapi, satu keyakinan yang harus tetap tertanam disanubariku agar tidak down dengan kenyataan ini, yaitu manjaddah wa jaddah, dan berbuat baiklah maka akan Allah sediakan pertolongan dari arah yang tidak disangka-sangka.

ya Allah, kuatkanlah aku dan tambahkanlah ilmuku...karena tanpa - Mu sesungguhnya kami hanya makhluk yang tak berdaya. mudahkan dan ringankan langkah kami ya Allah.....semoga saya dapat berhasil disini...dan harus berhasil....sehatkanlah aku ya Allah....sembuhkanlah sakitku...dan cepatkanlah tamatku.....beri aku kesempatan untuk berhasil. ....

kurindu dengan keluargaku....aku sayang dengan keluargaku ya Allah....temukanlah kami kembali dalam keadaan berkumpul dengan keluarga tercinta....mudahkanlah segala urusanku ya Allah.......ringankanlah aku untuk tetap istiqomah di jalan-Mu......matikan aku dalam keadaan husnulkhotimah....agar aku dapat berjumpa dengan-Mu dan Rasul serta para sahabat .....amiiiiiiiin....1000x.

air mata yang sudah tertumpah agar tidak menjadi sia-sia. ini belum seberapa jika dibandingkan air mata para syuhada yang sedang berjuang di Gaza, Palestina, dll. ya Rabb....dalam renungan malam ini aku bermunajat kepada-Mu.....jadikanlah ilmuku ini sebuah penjagaan atas diriku...dan cepatkanlah daya tangkapku atas kekurangan-kekuranganku sesungguh-Nya mudah bagi-Mu untuk menggenapkannnya......ya Rabb....maafkan atas segala kelalaianku selama ini dalam menjalankan perintah-Mu dan menjauhi larangan-Mu.....aku jahil...jadikanlah aku generasi yang akan melahirkan generasi qur'ani sebagaimana cita-cita kami sejak dahulu...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar